Pemrograman
Berorientasi Objek
v Konsep Dasar
Pemrograman
berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan
kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi
Objek Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
Objek = Pada dasarnya semua
benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai objek. Misalnya rumah,
mobil, sepeda, motor, gelas, komputer, meja, sepatu, dll. Setiap objek memiliki
atribut sebagai status (state) dan tingkah laku sebagai behavior.
Class = Definisi class yaitu
template untuk membuat objek. Class merupakan prototipe atau blue prints yang
mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Objek merupakan
hasil instansiasi dari suatu class.
Attributes
= Atribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya,
Dalam class, atribut sering disebut sebagai variabel. Atribut dibedakan menjadi
dua jenis yaitu Instance Variable dan Class Variable.
Instance variable adalah atribut untuk tiap objek
dari kelas yang sama. Tiap objek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya
sendiri. Jadi, tiap objek dari class yang sama bokeh mempunyai nilai yang sama
atau berbeda.
Class Variable adalah atribut untuk semua objek
yang dibuat dari class yang sama. Semua objek mempunyai nilai atribut yang
sama. Jadi semua objek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang
value nya sama
Method = Method
adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Program harus dibungkus dalam
method. Dengan method kita bisa memanggil kumpulan program hanya dengan
memanggil nama methodnya, pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak boros
menuliskan program, program menjadi lebih terstruktur, praktis, dan efisien.
Konstruktor
= Konstruktor adalah bagian dari definisi suatu kelas yang
berfungsi menciptakan instans dari kelas tersebut. Konstruktor ini bisa kita
buat sendiri dan bisa lebih dari satu
v Karateristik Pemrograman Berorientasi
Objek
Enkapsulasi
= suatu mekanisme untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari
kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem sekaligus
menyederhanakan penggunaan system itu sendiri.
Inheritance (pewarisan) = suatu konsep yang merupakan suatu
proses dimana suatu class diturunkan dari class lainnya sehingga ia
mendapatkkan ciri atau sifat dari class tersebut. Polymorphism = Berasal dari bahasa Yunani yang berarti banyak bentuk. Dalam PBO, konsep ini memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama untuk memerintah objek agar melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama namun secara proses berbeda. Dalam konsep yang lebih umum sering kali polymorphism disebut dalam istilah satu interface banyak aksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar