Selasa, 23 Oktober 2012

Resume Struktur Kontrol


                                             STRUKTUR KONTROL
 Struktur kontrol, yaitu perulangan (loop) dan percabangan (branch), dapat digunakan untuk mengulangi perintah berulang-ulang atau untuk memilih dua atau lebih skenario.
 Struktur control merupakan fitur di beberapa bahasa pemrograman lainnya. struktur control ini digunakan untuk menangani beberapa program yang memiliki kondisi atau syarat. Dikatakan begitu karena, pada suatu saat akan terjadi sebuah kondisi yang mana kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap program kita selanjutnya.

Ø  PERCABANGAN
 Struktur control percabangan merupakan sebuah struktur control yang memerlukan sebuah atau beberapa kondisi sebelum menjalankan program lainnya. pada percabangan ini terdapat beberapa sintak.
- percabangan if
 Struktur kontrol If digunakan untuk mengambil keputusan apabila hanya ada sebuah kondisi yang memerlukan pengambilan keputusan. Jika kondisi tersebut bernilai true, maka skrip program yang terletak di dalam blok if akan dieksekusi, sedangkan jika false, maka blok program tersebut akan dilewati
- Percabangan if else
 Percabangan if-else ini hampir sama dengan percabangan if, yang membedakan adalah jumlah kondisi/syarat atau sintak yang akan dilakukan jika kondisi tidak terpenuhi. Pada percabangan ini, terkadang terdapat beberapa kondisi/syarat sehingga akan menyebabkan banyak kemungkinan kondisi yang akan dilakukan.
-  Percabangan Switch
 Percabangan ini biasanya digunakan untuk membandingkan 1 kondisi dengan beberapa nilai yang telah ditentukan.
Ø  PERULANGAN
Struktur kontrol perulanan merupakan sebuah struktur control yang menangani sebuah kegiatan yang dilakukan berulang-ulang. Ada beberapa sintak yang biasa digunakan, yaitu sebagai berikut :
-   Perulangan While
 Perulangan ini biasa disebut dengan while loop. Perulangan akan terus dilakukan selama syarat yang telah ditentukan masih terpenuhi atau bernilai true.


-  Perulangan do – while
 Perulangan ini hampir sama dengan perulangan do-while, yang membedakan hanya peletakan kondisinya saja. Selain itu, perulangan do-while minimal akan dijalankan 1 kali walaupun syarat/kondisinya tidak terpenuhi.
 
-  Perulangan For.
Perulangan ini memiliki 3 ekspresi yang saling berkaitan, yang mana ekspresi tersebut merupakan syarat/kondisi yang menentukan banyaknya perulangan yang akan dilakukan.
 Ekspresi 1 merupakan nilai awal dari sebuah variabel yang menjadi patokan dari syarat/kondisi dari perulangan.
Ekspresi 2 merupakan kondisi/syarat yang jika masih terpenuhi/nilainya true maka perulangan akan terus dilakukan.
Ekspresi 3 merupakan statement dari kondisi, bisa berupa increment atau decrement.


Kamis, 18 Oktober 2012

Mendapat Inputan dari Keyboard


Mendapatkan input dari keyboard
Terdapat dua cara untuk mendapatkan input:
  • Menggunakan class BufferedReader
  • Menggunakan class JOptionPane
    • GUI(graphical user interface)

Ø  BufferedReader

Java BufferedReader adalah suatu perintah yg disediakan oleh java untuk melakukan proses input output data user dari keyboard tanpa menggunakan fasilitas Swing or AWT. pada memulai pembelajaran java saya kali ini w akan membuat sebuah program “Perhitungan Berat ideal”..,Dsini saya menggunakan class BufferedReader yg terdiri dari import java.io.InputStreamReader; dan import java.io.BufferedReader; sedangkan perintah import
javax.swing.JOptionPane; merupan perintah class swing yg saya sengaja gunakan untuk pemanggilan message box.,berikut koding program tersebut..
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.BufferedReader;
import javax.swing.JOptionPane;
public class input{
float a = 110;
public static void main (String args[]) {
InputStreamReader inputa = new InputStreamReader (System.in);
BufferedReader baca= new BufferedReader (inputa);
try
{
System.out.print (“Masukan Nama anda..? “);
String nama = baca.readLine();
System.out.print (“Berapa usia anda sekarang..? “);
String usia = baca.readLine();
System.out.print (“Berapa tinggi badan anda..? “);
String tinggi = baca.readLine();
int tg = Integer.parseInt (tinggi);
input rio = new input();
float berat = (tg – rio.a);
System.out.println();
System.out.println (“hai, ” +nama);
System.out.println (“Usia kamu sekarang “+usia);
System.out.println (“Berat idel badan kamu adalah “+berat+” Kg”);
}
catch (Exception e)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,”Terjadi kesalahan pada proses penginputan”,”Information Error”,JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
JOptionPane.showMessageDialog (null, “Program segera berakhir”);
}
}
}


Ø  JOptionpane
JOptionPane adalah class dari package javax.swing yang memungkinkan user memperoleh tampilan sebuah dialog box sederhana berisikan suatu informasi. Untuk menggunakannya ikuti langkah dibawah :
1. Deklarasikan class JOptionPane dari javax.swing package.
2. Ketikkan kode dibawah :

import javax.swing.JOptionPane;
public class LATIHAN{
public static void main(String[ ] args){
String st = "";
st = JOptionPane.showInputDialog("Please Enter Your Name");
String msg = "Hello " + st;
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}


Berikut contoh program yang menggunakan JOptionPane

import javax.swing.JOptionPane;
public class LATIHAN{
public static void main(String[ ] args){
String st1 = "";
String st2 = "";
String st3 = "";
st1 = JOptionPane.showInputDialog("Nama");
st2 = JOptionPane.showInputDialog("NIM");
st3 = JOptionPane.showInputDialog("Kelas");
String msg = "Hello...Nama Saya " + st1 + "," + " NIM " + st2 + "," + " Saya dari kelas " + st3;
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}


Rabu, 10 Oktober 2012

resum operator


                                                                          OPERATOR
·         Pokok bahasan
1.       Operator  Aritmatika
2.       Operator  Increment dan Decrement
3.       Operator Relasi
4.       Operator Logical
5.       Operator kondisi

Ø  Operator Aritmatika
Sama halnya dengan semua bahasa pemrograman, Java menyediakan
operator-operator aritmatika untuk manipulasi variabel data numerik.

Ø   Operator Increment dan Decrement
Operator Increment dan Decrement digunakan untuk menaikan atau
menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, dan
hanya dapat digunakan pada variabel.

Ø  Operator Relasi
Operator relasi dalam Java digunakan untuk menghasilkan nilai
boolean yang sering digunakan untuk mengatur alur jalannya sebuah program.

Ø  Operator Logical
Operator ini digunakan untuk ekspresi logik yang menghasilkan nilai
boolean. Operator-operator yang digunakan adalah

Ø  AND ( && )
o   jika nilai A dan B=TRUE, maka hasilnya TRUE,selain dari itu FALSE

Ø  ll (logical) dan l (boolean logical) inclusive OR
o   jika nilai A dan B=FALSE maka hasilnya FALSE,selain dari itu TRUE

Ø  ^(boolean logical exclusive OR ) logical ini ada 2 macam
o   Jika nilai A dan B=TRUE, maka hasilnya FALSE
o   Jika nilai A dan B=FALSE,maka hasilnya  FALSE

Ø  !(logical NOT)
o   jika nilai A=TRUE,maka hasilnya FALSE
o   jika nilai A=FALSE,maka hasilnya TRUE

Ø  Operator Kondisi
Operator ini di gunakan sebagai pembanding tiga atau lebih variabel untuk menemukan nilai yang ingin dicapai. Operator ini bersifat ternary (mengoperasikan lebih dari dua operand).
Contoh penulisan dengan simbol operator kondisi => exp1?exp2:exp3