Selasa, 10 Juni 2014

Quality of Service


QOS ( Quality of Service )
      Kualitas layanan (QoS) adalah kinerja keseluruhan jaringan telepon atau komputer, terutama kinerja dilihat oleh pengguna jaringan. Untuk mengukur secara kuantitatif kualitas layanan, beberapa aspek terkait layanan jaringan sering dianggap, seperti tingkat kesalahan, bandwidth, throughput, transmisi penundaan, ketersediaan, jitter, dll. Kualitas layanan sangat penting untuk transportasi lalu lintas dengan persyaratan khusus. Secara khusus, banyak teknologi telah dikembangkan untuk memungkinkan jaringan komputer untuk menjadi berguna sebagai jaringan telepon untuk audio percakapan, serta mendukung aplikasi baru dengan bahkan lebih ketat Layanan tuntutan.
      Teknologi jaringan baru, Layanan dan aplikasi yang semua tiba di pasar, masing-masing dengan tujuan untuk memberikan kualitas layanan (QoS) yang sama atau lebih baik daripada peralatan warisan.
      Penyedia layanan dan operator jaringan merek terpercaya, pemeliharaan yang sangat penting bagi bisnis mereka. Tantangannya adalah untuk membuat teknologi baru yang bekerja dengan cara yang memenuhi harapan pelanggan untuk kualitas, ketersediaan dan kehandalan, sementara masih menawarkan operator jaringan fleksibilitas yang diperlukan untuk cepat beradaptasi dengan teknologi baru.
      Parameter QoS meningkat dalam pentingnya sebagai jaringan menjadi saling berhubungan dan sejumlah besar penyedia dan operator berinteraksi untuk memberikan komunikasi.
*      Mengapa kita perlu QoS?
      Tanpa kebijakan  QoS, setiap paket deberikan akses yang sama ke sumber daya. bagi perusahaan untuk efisien memanfaatkan sumber daya jaringan, itu harus mengidentifikasi yang lalu lintas jaringan trafik kritikal dan mengalokasikan sumber daya yang tepat untuk mendukung mereka . Suara dan aplikasi video yang sensitif penundaan dan jitter. Kebijakan QoS yang baik akan memberikan akses prioritas paket suara ke antrian antarmuka. Sebagai contoh, paket suara dan paket FTP yang kedua tiba di interface router keluar pada waktu yang sama
      Tanpa QoS hadir, paket suara mungkin perlu menunggu dalam antrian sampai paket FTP yang telah diproses keluar antarmuka. Ini mungkin menyuntikkan jumlah penundaan yang tidak dapat diterima ke jalur suara (tergantung kecepatan antarmuka).

Dengan konfigurasi QoS, paket suara dapat diberikan prioritas atas paket FTP dan harus diproses terlebih dahulu. Jika antarmuka kecepatan kurang T1, paket FTP mungkin terfragmentasi untuk memastikan bahwa paket suara memiliki jeda yang berlebihan. Contoh lain akan menggambarkan bagaimana QoS digunakan untuk aplikasi diferensiasi.  Dalam hal ini contohnya, sebuah perusahaan bergantung pada pelanggan akses ke server web sehingga para pelanggan dapat menempatkan perintah dari katalog. Sedangkan pada waktu istirahat, anggota staf memutuskan untuk menonton video trailer film, internet situs web yang memerlukan bandwidth sumber daya. signifikanTanpa qos, pelanggan dapat mengalami keterlambatan dalam mencapai katalog online karena kemacetan yang disebabkan oleh mengunduh  video.
Dengan konfigurasi QoS, prioritas dapat diberikan ke http paket yang dikirim ke dan dari server web perusahaan, sementara paket-paket web lain dapat diberikan prioritas yang lebih rendah. Ini akan menjaga tingkat tinggi sumber daya untuk pelanggan akses sementara masih menyediakan beberapa bandwidth untuk lalu lintas web staf. Dengan campuran yang hadir hari ini jaringan lalu lintas, QoS menjamin kanan aplikasi mendapatkan akses ke sumber daya jaringan yang pertama.

Parameter QOS QoS
parameter adalah contoh untuk mewakili kualitas layanan kepada pelanggan. Seharusnya mudah bagi pelanggan untuk memahami tingkat menjamin layanan sebagai: ketersediaan, pengiriman, Latency, Bandwidth, MTBF (Mean Time antara kegagalan) dan MTRS (Mean Time untuk mengembalikan layanan). Definisi parameter ini adalah sebagai berikut.
Ketersediaan adalah persentase kelayakan layanan di setiap permintaan layanan tertentu. TMF701 [1] mendefinisikan bahwa ketersediaan layanan adalah parameter kunci yang pelanggan tertarik. Pengiriman adalah kebalikan dari paket loss, yang berarti bahwa persentase dari setiap layanan disampaikan tanpa paket hilang. Untuk beberapa penyedia layanan, pengiriman berarti paket penundaan.  Ini juga tergantung pada keputusan dari penyedia layanan. Latensi adalah masa yang diambil untuk paket untuk perjalanan dari titik akses layanan (SAP) ke target jauh dan kembali. Ini biasanya mencakup transportasi waktu dan penundaan antrian. Bandwidth berarti kapasitas yang digunakan atau kapasitas yang tersedia. Penyedia layanan biasanya meyakinkan bandwidth maksimum kepada pelanggan dan dinyatakan dengan jelas dalam SLA. Empat parameter QoS diatas teknologi khusus, sehingga mereka dapat diukur langsung dengan NPMs. MTBF dan MTRS berbasis waktu, sehingga mereka tidak dapat langsung dipetakan oleh NPMs.
Figur  QoS Parameters for Network Service

QoS konsep
      QoS memungkinkan Anda untuk memberikan layanan yang lebih baik untuk mengalir tertentu. Hal ini dilakukan oleh meningkatkan prioritas aliran atau membatasi prioritas dari aliran lain. Bila menggunakan alat kemacetan-manajemen, Anda mencoba untuk meningkatkan prioritas aliran dengan antrian dan servis antrian dalam cara yang berbeda. Alat manajemen antrian yang digunakan untuk menghindari kemacetan menimbulkan prioritas dengan menjatuhkan prioritas rendah arus sebelum prioritas yang lebih tinggi mengalir. Kebijakan dan membentuk memberikan prioritas untuk aliran dengan membatasi throughput aliran lain. Link efisiensi alat membatasi besar arus untuk menunjukkan preferensi untuk arus kecil.
      Alat-alat QoS bisa membantu meringankan sebagian masalah kemacetan. Namun, banyak kali ada terlalu banyak lalu lintas untuk bandwidth yang disediakan. Dalam kasus tersebut, QoS adalah hanya perban. Analogi mudah berasal dari sirup menuangkan ke dalam botol. Sirup dapat dituangkan dari satu wadah ke wadah lain pada atau di bawah ukuran tersebut. Jika jumlah yang menuangkan lebih besar dari ukuran cerat, sirup yang terbuang. Namun, Anda dapat menggunakan corong untuk menangkap sirup yang mengalir pada tingkat yang lebih besar dari ukuran tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk menuangkan lebih dari apa tersebut dapat mengambil, sementara masih tidak membuang sirup. Namun, overpouring konsisten akan akhirnya mengisi dan meluap saluran.
Arsitektur QoS
Dasar arsitektur dasar memperkenalkan tiga pieces mendasar untuk implementasi QoS
·         Identifikasi dan menandai teknik untuk koordinasi QoS dari ujung ke ujung antara elemen-elemen jaringan
·         QoS dalam suatu elemen network tunggal (misalnya, antrian, penjadwalan, dan lalu lintas-membentuk alat)
·         Kebijakan QoS, manajemen, dan akuntansi fungsi untuk mengontrol dan mengelola lalu lintas end-to-end di seluruh jaringan

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar