QOS ( Quality of Service )
Kualitas
layanan (QoS) adalah kinerja keseluruhan jaringan telepon atau komputer,
terutama kinerja dilihat oleh pengguna jaringan. Untuk mengukur secara
kuantitatif kualitas layanan, beberapa aspek terkait layanan jaringan sering
dianggap, seperti tingkat kesalahan, bandwidth, throughput, transmisi
penundaan, ketersediaan, jitter, dll. Kualitas layanan sangat penting untuk
transportasi lalu lintas dengan persyaratan khusus. Secara khusus, banyak
teknologi telah dikembangkan untuk memungkinkan jaringan komputer untuk menjadi
berguna sebagai jaringan telepon untuk audio percakapan, serta mendukung
aplikasi baru dengan bahkan lebih ketat Layanan tuntutan.
Teknologi jaringan baru, Layanan dan aplikasi yang semua tiba
di pasar, masing-masing dengan tujuan untuk memberikan kualitas layanan (QoS)
yang sama atau lebih baik daripada peralatan warisan.
Penyedia layanan dan operator jaringan merek terpercaya,
pemeliharaan yang sangat penting bagi bisnis mereka. Tantangannya adalah untuk
membuat teknologi baru yang bekerja dengan cara yang memenuhi harapan pelanggan
untuk kualitas, ketersediaan dan kehandalan, sementara masih menawarkan
operator jaringan fleksibilitas yang diperlukan untuk cepat beradaptasi dengan
teknologi baru.
Parameter QoS meningkat dalam pentingnya sebagai jaringan
menjadi saling berhubungan dan sejumlah besar penyedia dan operator
berinteraksi untuk memberikan komunikasi.
Mengapa
kita perlu QoS?
Tanpa
kebijakan QoS, setiap paket deberikan
akses yang sama ke sumber daya. bagi perusahaan untuk efisien
memanfaatkan sumber daya jaringan, itu harus mengidentifikasi yang lalu lintas
jaringan trafik kritikal dan mengalokasikan sumber daya yang tepat untuk
mendukung mereka . Suara dan aplikasi video yang sensitif
penundaan dan jitter. Kebijakan QoS yang baik akan memberikan akses prioritas
paket suara ke antrian antarmuka. Sebagai contoh, paket suara dan paket FTP
yang kedua tiba di interface router keluar pada waktu yang sama
Tanpa QoS hadir, paket suara mungkin perlu menunggu dalam
antrian sampai paket FTP yang telah diproses keluar antarmuka. Ini mungkin
menyuntikkan jumlah penundaan yang tidak dapat diterima ke jalur suara
(tergantung kecepatan antarmuka).
Dengan
konfigurasi QoS, paket suara dapat diberikan prioritas atas paket FTP dan harus
diproses terlebih dahulu. Jika antarmuka kecepatan kurang T1, paket FTP mungkin
terfragmentasi untuk memastikan bahwa paket suara memiliki jeda yang
berlebihan. Contoh lain akan menggambarkan bagaimana QoS digunakan untuk
aplikasi diferensiasi. Dalam hal ini
contohnya, sebuah perusahaan bergantung pada pelanggan akses ke server web
sehingga para pelanggan dapat menempatkan perintah dari katalog. Sedangkan pada
waktu istirahat, anggota staf memutuskan untuk menonton video trailer film, internet
situs web yang memerlukan bandwidth sumber daya. signifikanTanpa qos, pelanggan
dapat mengalami keterlambatan dalam mencapai katalog online karena kemacetan
yang disebabkan oleh mengunduh video.
Dengan
konfigurasi QoS, prioritas dapat diberikan ke http paket yang dikirim ke dan
dari server web perusahaan, sementara paket-paket web lain dapat diberikan
prioritas yang lebih rendah. Ini akan menjaga tingkat tinggi sumber daya untuk
pelanggan akses sementara masih menyediakan beberapa bandwidth untuk lalu
lintas web staf. Dengan campuran yang hadir hari ini jaringan lalu lintas, QoS
menjamin kanan aplikasi mendapatkan akses ke sumber daya jaringan yang pertama.
Parameter QOS QoS
parameter
adalah contoh untuk mewakili kualitas layanan kepada pelanggan. Seharusnya
mudah bagi pelanggan untuk memahami tingkat menjamin layanan sebagai:
ketersediaan, pengiriman, Latency, Bandwidth, MTBF (Mean Time antara kegagalan)
dan MTRS (Mean Time untuk mengembalikan layanan). Definisi parameter ini adalah
sebagai berikut.
Ketersediaan
adalah persentase kelayakan layanan di setiap permintaan layanan tertentu.
TMF701 [1] mendefinisikan bahwa ketersediaan layanan adalah parameter kunci
yang pelanggan tertarik. Pengiriman adalah kebalikan dari paket loss, yang
berarti bahwa persentase dari setiap layanan disampaikan tanpa paket hilang.
Untuk beberapa penyedia layanan, pengiriman berarti paket penundaan. Ini juga tergantung pada keputusan dari
penyedia layanan. Latensi adalah masa yang diambil untuk paket untuk perjalanan
dari titik akses layanan (SAP) ke target jauh dan kembali. Ini biasanya
mencakup transportasi waktu dan penundaan antrian. Bandwidth berarti kapasitas
yang digunakan atau kapasitas yang tersedia. Penyedia layanan biasanya
meyakinkan bandwidth maksimum kepada pelanggan dan dinyatakan dengan jelas
dalam SLA. Empat parameter QoS diatas teknologi khusus, sehingga mereka dapat
diukur langsung dengan NPMs. MTBF dan MTRS berbasis waktu, sehingga mereka
tidak dapat langsung dipetakan oleh NPMs.
Figur QoS Parameters for Network Service
QoS
konsep
QoS memungkinkan Anda
untuk memberikan layanan yang lebih baik untuk mengalir tertentu. Hal ini
dilakukan oleh meningkatkan prioritas aliran atau membatasi prioritas dari aliran
lain. Bila menggunakan alat kemacetan-manajemen, Anda mencoba untuk
meningkatkan prioritas aliran dengan antrian dan servis antrian dalam cara yang
berbeda. Alat manajemen antrian yang digunakan untuk menghindari kemacetan
menimbulkan prioritas dengan menjatuhkan prioritas rendah arus sebelum
prioritas yang lebih tinggi mengalir. Kebijakan dan membentuk memberikan
prioritas untuk aliran dengan membatasi throughput aliran lain. Link efisiensi
alat membatasi besar arus untuk menunjukkan preferensi untuk arus kecil.
Alat-alat QoS bisa membantu meringankan sebagian masalah
kemacetan. Namun, banyak kali ada terlalu banyak lalu lintas untuk bandwidth
yang disediakan. Dalam kasus tersebut, QoS adalah hanya perban. Analogi mudah
berasal dari sirup menuangkan ke dalam botol. Sirup dapat dituangkan dari satu
wadah ke wadah lain pada atau di bawah ukuran tersebut. Jika jumlah yang
menuangkan lebih besar dari ukuran cerat, sirup yang terbuang. Namun, Anda
dapat menggunakan corong untuk menangkap sirup yang mengalir pada tingkat yang
lebih besar dari ukuran tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk menuangkan
lebih dari apa tersebut dapat mengambil, sementara masih tidak membuang sirup.
Namun, overpouring konsisten akan akhirnya mengisi dan meluap saluran.
Arsitektur
QoS
Dasar arsitektur dasar
memperkenalkan tiga pieces mendasar untuk implementasi QoS
·
Identifikasi dan menandai teknik untuk
koordinasi QoS dari ujung ke ujung antara elemen-elemen jaringan
·
QoS dalam suatu elemen network tunggal
(misalnya, antrian, penjadwalan, dan lalu lintas-membentuk alat)
·
Kebijakan QoS, manajemen, dan akuntansi
fungsi untuk mengontrol dan mengelola lalu lintas end-to-end di seluruh
jaringan
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar